berita terbaru islam dan berita update

4/04/2017

Kumpulan Hadist Tentang Sabar Dalam Islam

Sabar adalah sifat terpuji yang sangat dianjurkan dalam islam.hal yang berkaitan dengan sifat sabar telah banyak ALLAH SWT cantumkan dalam Al Qur'an serta banyak terdapat dalam hadist hadist Nabi Muhammad SAW,seorang muslim diwajibkan untuk senantiasa bersabar dalam berbagai kesulitan karena ALLAH SWT akan menggantinya dengan pahala yang sangat besar.sabar sendiri merupakan bagian dari keimanan.tidak sempurna iman dan taqwa seseorang jika ia tidak memiliki sifat penyabar.bahkan seseorang yg tidak sabar dan selalu mengeluh serta marah terhadap berbagai persoalan akan mendapatkan murka ALLAH SWT.

Banyak sekali manfaat dari bersabar seperti dapat menghapus dosa dan memasukkan kita ke syurgaya ALLAH SWT.sabar sendiri ada bermacam macam seperti sabar dalam ketaatan kepada ALLAH SWT,sabar dalam meninggalkan maksiat,serta sabar dalam menghadapi berbagai cobaan dan musibah.untuk semakin melatih hati kita agar menjadi ikhlas,penuh syukur dan senantiasa sabar,silakan anda simak beberapa hadits Rasulullah SAW dibawah ini. . .

Do'a Sabar
Hadist Tentang Sabar

Kumpulan Hadist Tentang Sabar Dalam Islam

Kumpulan Hadist Tentang Sabar Dalam Islam :

Akan tiba suatu masa pada manusia,siapa di antara mereka yang bersikap sabar demi agamanya,ia ibarat menggenggam bara api.

Rasulullah Mengagumi seorang mukmin yg bila ia memperoleh kebaikan,ia memuji Allah dan bersyukur,dan bila ia ditimpa musibah,ia memuji Allah dan ia bersabar.(HR. Ahmad)

Orang yang bahagia ialah yang dijauhkan dari fitnah-fitnah dan orang yang bila terkena ujian dan cobaan, dia bersabar.(HR. Ahmad)

Dari Abdullah bin Umar ra berkata bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda,'Barang siapa yg bersabar atas kesulitan dan himpitan kehidupannya,maka aku akan menjadi saksi atau pemberi syafaat baginya pada hari kiamat. (HR. Turmudzi).

Abu Yahya,Shuhaib bin Sinan RA,berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,“Sungguh unik urusan orang yg beriman itu.Semua urusannya,baik baginya.Hal itu hanya dimiliki oleh orang yg beriman.Jika dia memperoleh kegembiraan, dia bersyukur,dan itu baik baginya.Jika ditimpa kesulitan, dia bersabar, dan itu baik baginya.” (Muslim)

Sesungguhnya bersyukur akan menambah kenikmatan Allah, dan perbanyaklah berdoa. (HR. Ath-Thabrani)

Iman terbagi dua separuh dalam sabar dan separuh dalam syukur. (HR. Al-Baikaqi)

Dari Mu'az bin Anas r. a.bahwasanya Nabi s. a. w. bersabda :" Barangsiapa yg menahan marahnya padahal ia kuasa untuk meneruskannya (melaksanakannya) maka Allah Subhanahu wa Ta'ala mengundangnya di hadapan kepala (yakni disaksikan) sekalian makhluk pada hari kiamat,sehingga disuruhnya orang itu memilih bidadari-bidadari yg membelalak matanya dengan sesuka hatinya. "

Seorang muslim apabila ia berinteraksi dengan masyarakat serta bersabar terhadap dampak negatif mereka adalah lebih baik dari pada seorang muslim yg tidak berinteraksi dengan masyarakat serta tidak bersabar atas kenegatifan mereka. (HR. Turmudzi)

Abu Malik Al-Harits bin ‘Ashim Al-Asy’ari RA berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,“Kesucian itu sebagian dari iman,dan kalimat alhamdulillah memenuhi timbangan.Kalimat subhanallah dan alhamdulillah memenuhi ruang yg ada di antara langit dan bumi.Shalat itu cahaya,sedekah itu bukti, sabar itu cerminan,Al-Qur’an itu hujjah yg dapat membela atau menuntutmu.Setiap manusia bekerja.Ada yg menjual dirinya,ada yg membebaskan dirinya,dan ada pula yang menghancurkan dirinya.” (HR. Muslim)

Dari Sulaiman bin Shurad r. a.,katanya :"Saya duduk bersama Nabi s. a. w. dan di situ ada dua orang yg saling bermaki-makian antara seorang dengan kawannya.Salah seorang dari keduanya itu telah merah padam mukanya dan membesarlah urat lehernya,kemudian Rasulullah s. a. w. bersabda:" Sesungguhnya saja niscayalah mengetahui suatu kalimat yg apabila diucapkannya,tentulah hilang apa yg ditemuinya (kemarahannya),yaitu andaikata ia mengucapkan : "A'udzu billahi minasy syaithanir rajim,"tentulah lenyap apa yg ditemuinya itu (kemarahannya). Orang-orang lalu berkata padanya - orang yg merah padam mukanya tadi :" Sesungguhnya Nabi s. a. w. bersabda : " Mohonlah perlindungan kepada Allah dari syaitan yg direjam. "(Muttafaq 'alaih)

Dari Suhaib ra,bahwa Rasulullah SAW bersabda," Sungguh menakjubkan perkaranya orang yg beriman, karena segala urusannya adalah baik baginya.Dan hal yg demikian itu tidak akan terdapat kecuali hanya pada orang mu'min:Yaitu jika ia mendapatkan kebahagiaan, ia bersyukur,karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan yg terbaik untuknya. Dan jika ia tertimpa musibah,ia bersabar,karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan hal terbaik bagi dirinya. " (HR. Muslim)

Abu Zaid, Usamah bin Zaid bin Haritsah RA,berkata,“Putri Rasulullah mengutus seseorang untuk menyampaikan pesan kepada Nabi SAW., ‘Bahwa anakku sedang sekarat.Karena itu,jenguklah ia. ’
Nabi hanya mengirim salam dan berkata,‘(Katakan kepadanya),“Sesungguhnya,Allah berhak mengambil dan memberi.Segala sesuatu ada batasnya.Hendaknya ia bersabar dan mengharap pahala dari Allah. ”’

Sekali lagi,putri Rasulullah mengirim utusan, memohon kepada Nabi untuk datang menjenguk. Lalu, Rasulullah berangkat bersama Sa’d bin Ubadah RA, Muadz bin jabal RA, Ubay bin Ka’b RA, Zaid bin Tsabit RA, dan sejumlah sahabat. (Sesampainya di rumah Zainab) anak perempuan yang sedang sakaratul-maut itu didudukkan di pangkuan Nabi SAW., dan napasnya sudah tersengal-sengal. Melihat hal itu, Zainab menangis.
Sa’d bertanya, ‘Ya Rasulullah, apa ini? ’
Rasulullah SAW menjawab,‘Ini adalah kasih sayang yang diberikan Allah kepada hamba-hamba-Nya. ’”
Di dalam riwayat lain disebutkan,“Pada hati hamba yg dikehendaki-Nya,Allah mengasihi hamba-hamba-Nya yg memiliki kasih sayang. ” (Muttafaq ‘alaih)

Tidak ada suatu rezeki yg Allah berikan pada seorang hamba yg lebih luas baginya dari pada sabar. (HR. Al-Hakim)

Dari Usaid bin Hudhair bahwa seseorang dari kaum Anshar berkata kepada Rasulullah SAW ; 'Wahai Rasulullah,engkau mengangkat (memberi kedudukan) si Fulan,namun tidak mengangkat (memberi kedudukan kepadaku).Rasulullah SAW bersabda,Sesungguhnya kalian akan melihat setelahku 'atsaratan' (yaitu setiap orang menganggap lebih baik dari yang lainnya),maka bersabarlah kalian hingga kalian menemuiku pada telagaku (kelak). (HR. Turmudzi).

Ketahuilah olehmu! Bahwasannya datangnya pertolongan itu bersama dengan kesabaran. ” (HR. At Tirmidzi, dari shahabat Ibnu ‘Abbasradhiallahu ‘anhuma)

Sesungguhnya besarnya pahala itu bergantung daripada besarnya ujian.Barangsiapa yg ridho, mendapat keridhoan Allah dan barangsiapa yg murka,maka mendapat kemurkaan Allah. ” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah)

“Ya Nabi, berilah aku wasiat” Rasullalah bersabda,”Jangan marah! ” ditanya berulang kali dan tetap dijawab, “Jangan marah! ” HR. Bukhari)

Dari Anas bin Malik ra,bahwa suatu ketika Rasulullah SAW melewati seorang wanita yg sedang menangis di dekat sebuah kuburan. Kemudian Rasulullah SAW bersabda,'Bertakwalah kepada Allah,dan bersabarlah.' Wanita tersebut menjawab, 'Menjauhlah dariku,karena sesungguhnya engkau tidak mengetahui dan tidak bisa merasakan musibah yang menimpaku.'Kemudian diberitahukan kepada wanita tersebut,bahwa orang yg menegurnya tadi adalah Rasulullah SAW.Lalu ia mendatangi pintu Rasulullah SAW dan ia tidak mendapatkan penjaganya.Kemudian ia berkata kepada Rasulullah SAW,'(maaf) aku tadi tidak mengetahui engkau wahai Rasulullah SAW. ' Rasulullah bersabda, 'Sesungguhnya sabar itu terdapat pada hentakan pertama. ' (HR. Bukhari Muslim)

Abu Jahja (Shuhaib) bin Sinan Arrumy r. a berkata :Bersabda Rasulullah s. a. w : Sangat mengagumkan keadaan seorang mu’min,sebab segala keadaannya untuk ia sangat baik,dan tidak mungkin terjadi demikian kecuali bagi seorang mu’min : jika mendapat ni’mat ia bersyukur,maka syukur itu lebih baik baginya,dan bila menderita kesusahan (ia) sabar,maka kesabaran itu lebih baik baginya. (H. R. MUSLIM)

Abu Sa’id, Sa’d bin Sinan Al-Khudri RA berkata bahwa beberapa orang Anshar meminta sesuatu kepada Rasulullah SAW.Rasulullah memberinya,hingga apa yg ada padanya habis. Lalu,beliau bersabda kepada mereka ketika beliau menginfakkan semua yg ada di tangannya.“Aku tidak akan menyimpan harta yg ada padaku.Barangsiapa yg menjaga dirinya dengan tidak meminta-minta,maka Allah akan menjaganya.Siapa pun dari kalian yg merasa cukup,maka Allah akan mencukupinya.Barangsiapa yg berlatih untuk bersabar,niscaya Allah memberikan kesabaran kepadanya. Dan, tidak ada nikmat yg lebih baik dan lebih luas,yang diberikan kepada seseorang,selain kesabaran. ” (Muttafaq ‘alaih)

Dari Abu Hurariah r. a. bahwasanya Rasulullah s. a. w. bersabda :" Bukanlah orang yg kuat itu dengan banyaknya berkelahi,hanyasanya orang-orang yg kuat ialah orang yang dapat menguasai dirinya di waktu sedang sebagian marah. " (Muttafaq 'alaih)

Dalam sebuah riwayat,Rasulullah bersabda : Dari Abu Hurairah ra berkata,bahwa Rasulullah SAW bersabda,'Janganlah kalian berangan-angan untuk menghadapi musuh.Namun jika kalian sudah menghadapinya maka bersabarlah (untuk menghadapinya). " HR. Muslim

Anas r. a berkata : Saya telah mendengar Rasulullah s. a. w berasabda : Allah SWT telah berfirman : Apabila Saya menguji seorang hamba-Ku dengan buta ke-2 matanya, kemudian ia sabar, maka Saya akan menggantikannya dengan surga. (H. R. BUCHARI)

Dari Ibnu Mas'ud r. a., katanya:Saya memasuki tempat Nabi s. a. w. dan beliau sedang dihinggapi penyakit panas. Saya lalu berkata:"Ya Rasulullah,sesungguhnya Tuan dihinggapi penyakit panas yg amat paling." Beliau kemudian bersabda:"Benar,sesungguhnya saya terkena panas sebagaimana panas dua orang dari engkau semua yang menjadi satu." Saya berkata lagi :" Kalau demikianTuan tentulah mendapatkan dua kali pahala."Beliau bersabda:"Benar,demikianlah memang keadaannya,tiada seorang Muslimpun yg terkena oleh sesuatu kesakitan,baik itu berupa duri ataupun sesuatu yg lebih dari itu,melainkan Allah pasti menutupi sebagian kesalahannya dengan sebab mushibah yg mengenainya tadi dan diturunkanlah dosa-dosanya sebagaimana sebuah pohon menurunkan daunnya - dan ini jikalau disertai kesabaran. "(Muttafaq 'alaih)

Dari Anas bin Malik ra,bahwa Rasulullah saw.bersabda,“Janganlah salah seorang diantara kalian mengangan-angankan datangnya kematian karena musibah yg menimpanya.Dan sekiranya ia memang harus mengharapkannya,hendaklah ia berdoa,‘Ya Allah,teruskanlah hidupku ini sekiranya hidup itu lebih baik untukku. Dan wafatkanlah aku,sekiranya itu lebih baik bagiku. ”(HR. Bukhari Muslim)

Tidak henti-hentinya bala’ menimpa kepada seorang mu’min laki-laki dan wanita,baik mengenai dirinya maupun mengenai keluarganya atau harta kekayaannnya,hingga ia menghadap kepada Allah sudah bersih daripadanya dosa. ” (HR. Tirmidzi, Ahmad).

Semoga dengan merenungi hadist hadist tentang sabar diatas bisa menguatkan iman kita serta mampu membuat kita senantiasa bersabar dalam segala keadaan. wallahu a'lam.
Kumpulan Hadist Tentang Sabar Dalam Islam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: MY BLOGGER