berita terbaru islam dan berita update

5/31/2015

Resep Jamu Kunyit Asam

Resep Jamu Kunyit Asam - Pola makan yang kali ini akan membuatkan resep jamu alami dan trasdisional yang telah dikenal di seluruh penjuru Indonesia. Penduduk Indonesia pasti telah tak asing lagi dengan rasa,wujud serta aroma yang segar dari jamu tersebut. Jamu ini dikenal untuk Jamu Kunyit Asam yang jika di kawasan Jawa namanya Jamu Kunir Asam karna tebuatkan dari perasan kunyit atau kunir yang sudah di barutkan dan asam yang segar.
http://infomasihariini.blogspot.com/2015/05/resep-jamu-kunyit-asam.html

Dari zaman dahulu sampai sekarang ini jamu kunyit asam cukup gampang kita temukan di Nusantara khusus daerah Jawa. Ada berbagai jenis nama tempat penjualan jamu dari yang keliling sampai yang berada pada toko-toko herbalnya. Dulu jamu tradisional yang ini ada jika diseputaran komplek rumah ada ibu2 yang menjualkan jamu gendong dengan berbagai jenis jamu yang ada digendongannya, penjualan memakaikan baju kebaya yang  simple.

Lucunya kini jamu tradisional itu  suatu Jamu Kunyit Asam sudah jadi peratian industri obat-obatan dan juga jamu herbalnya, hingga tidak heran lagi ila kini telah banyak jamu kunyit asam yang bentuknya bubuk siap saji atu instan dan minuman botol jamu kunyit asam tersebut.

Selain segar dan enak, ternyata jamu kunyit asam ini mempunyai banyak manfaat terutamanya untuk wanita. Berdasarkan hasil penelitian kajian ilmiahnya kunyit terkandung curcuminoidnya. Sejenis ini sangat efektif membantukan dan menjagakan kecantikan dan haluskan kulit, dan kurangi bau badan tak wangi, menjagakan tubuh supaya tetep langsing, dan lancarkan mentruensi.

Selain itu Jamu kunyit atau kunir asam ini bermanfaat untuk lancarkan dan kurangi bau tidak wangi ketika haid dan mengaturkan sirkulasi masa haid supaya teratur, selain itu juga bisa menjadikan wajah jadi  tidak kusam dan segar, cukup baik dikonsumsikan untuk para gadis-gadis.

Kunyit bersama Asam jika dimakan bersama,mempunyai manfaat yang sangat banyak.Berkhasiat untuk menjaga kulit anda, mencegah sakit waktu haidnya, mencegah rasa nyeri waktu haid wanita, melancarkan haid,dan untuk melangsing tubuh anda bila meminum sesuai saran ahli.
Selain itu, kami akan memberi resep cara tradisional alami cara mengolah jamu kuning asem itu,bila mengolah sendiri anda dapat pilih bahannya yang bagus dan baik,supaya memperoleh manfaat yang optimal.Baca juga Artikel resep bronis praktis dan manfaat air putih
 
Bahan-bahan untuk Jamu Kunyit Asamnya :

  •     Kunyit asam tua, 1 kilogram dibuang kulitnya dan cuci hingga bersih
  •     Asam jawanya, 1/4 kilogram dan buang biji
  •     Gula merahnya ataupun gula jawa, 1/2 kilogram
  •     Jeruk nipis yang tua, 5 buah peras air
  •     Garam seckupnya, 1/4 sdt
  •     Air yg sudah dimasak, 20 cangkir

Cara Mengolah Jamu Kunyit Asem :
  1. Langkah Pertama, kunyit yang telah dibuang kulitnya lalu tumbuk hingga betul-betul halus dan lembutnya, sesudah itu ditambahkan air masak 17 cangkir sambari diaduk.
  2. Setelah itu peraslah dan saring air kunyitnya.
  3. Tambahkan gula merah dengan asam jawa dengan cara 3 cangkir air sehingga bercampur merata
  4. Tambah juga campuran asam kawaknya dan gula merah dengan air perasan kunyit dan diaduk rata, 
  5. Waktu mengaduk-aduk tambahkan juga garam dan air jeruk nipisnya sehingga bercampur,Lalu barulah anda saring ulang lagi.
  6. Sarannya untuk penyajian bagi 20 cangkir.

Untuk Aturan Meminum Jamu Kunyit Asam yakni :
  •     Bagi wanita yg dewasa tengah datang bulan 1x sehari 1 cangkir tak boleh lebih dari seminggu.
  •     Buat menjaga kesehatan anda minumlah 1 minggu sekali 1cangkir.

Ramuan Jamu Kunyit Asem sangat mudah diolah,maka tak perlu susah tak dapat mengolahnya. Biarpun ramuan Jamu Kunyit Asem mempunyai banyaknya khasiat namun ada juga larangan bagi mengesumsinya dengan cara yg berlebihan.Untuk wanita yang tengah hamil, mempunyai sakit lever, dan ginjal,ataupun bayi sangat dilarang untuk mengesumsi ramuan jamu tradisional alami ini. Demikianlah resep Cara Mengolah Jamu Kunyit Asem yang alami dan banyak khasiatnya.Kami membagikan resep dan cara sehat dan lainnya, berikut ini salah satu resep dan cara kami sebelum Manfaat lengkuas. Selamat untuk mencobanya,moga bermanfaat bagi anda.
Resep Jamu Kunyit Asam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: MY BLOGGER

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.